Orang yang memiliki kesempatan untuk membaca adlh orang yang bahagia. karena dia bisa memetik bunga dari taman alam semesta, bisa berkeliling mengitari keajaiban dunia, dan bisa melipat waktu dan tempat. So....... met membaca di blog_Q ini yach...... Moga banyak ibrah yg didpt!!!! amien...3x

Tips Memaknai Kegagalan

Melihat Kebaikan dalam Setiap Kegagalan

Berhasil dan gagal adalah dua hal yang berhubungan Setiap orang menngiginkan berhasil dalam setiap usahanya. Sekuat tenaga akan menghindari yg namanya kegagalan. Namun sayangnya keberhasilan dan kegagalan adalah dua kata yang sangat dekat dan sangat berhubungan. Entah gmn dunia ini jadinya klo semua orang selalu berhasil. Setiap orang yang direncanakan berhasil, setiap apa yang dicita2 kan terwujud, tentu saja klo itu terjadi g akan ada seninya dunia ini. Bukankah banyaknya warna dlm kehidupan malah menciptakan nilai seni yang tinggi???

Memang kegagalan terasa sakit. Tp Itu wajar saja, sangat masuk akal klo kita merasa sedih atas kegagalan rencana-rencana yang telah dirumuskan jauh-jauh hari. Rencana yang telah diusakan semaksimal mungkin untuk diwujudkan. Namun yang membedakan antara orang sukses dengan orang yang tidak sukses adalah dia mau kembali bangkit dan mencoba lagi. Optimis kegagalan adalah buah dari kesuksesan. ^_^

Tidak berani tuk mencoba itulah gagal sejati, kalau setelah dicoba tetap gagal, anggap saja itu biaya dr keberhasilan yang akan dicapai. Dari kegagalan kita memperoleh sesuatu yang bisa dipelajari dan mungkin untuk dicoba lagi. Yakin kita tidak akan pernah gagal bila terus berusaha dan benar2 gagal kalau kita berhenti.

Setiap orang didunia ini pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Sekarang yang perlu kita perhatikan adalah apakah ada kegagalan yang pernah kita alami yang sekarang menghambat kemajuan dalam hidup kita. Adakah kegagalan dalam hidup ini yang begitu mengecewakan sehingga membuat kita putus asa, atau membuat pandangan kita terhadap masa depan begitu suram, sehingga kita melihat hidup ini selalu dari pandangan yang negatiF???? Hm.....mg nda ada dehh..hehe, tp klo pun ada yg usahain itu nda jadi penghambat tuk jadikan kita mencoba lagi. ^_^

Gagal dalam melaksankan sesuatu, yup..pastilah sedih......L tp tunggu dulu banyak hikmah kok yang bisa diambil , diantaranya:

Pertama : Kita harus yakin bahwa setiap perbuatan memiliki resiko. Untuk mengurangi tekanan psikologi dalam berikhtiar, kita harus ttp yakin Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana. Tidak mungkin Allah membiarkan Hamba_Nya begitu saja. Pasti ada sesuatu dalam setiap hasil yang dicapai.

Kedua : Kita harus yakin bahwa Allah menguji daya tahan kita dengan memberikan satu usaha yang cukup membawa resiko. Bukankah pelaut bisa disebut pelaut ulung apabila dapat menyeberangi lautan yang berombak??. Kita bisa disebut manusia yang tangguh apabila mampu mengarungi lautan kehidupan yang bergelombang. ^_^

Ketiga : Selalu bersabar atas sesuatu yang tidak diinginkan dan bersyukur dengan apa yang telah terjadi. Memang pasti banyak tekanan psikologis yang akan dialami. Setiap ada sesuatu yang diluar kehendak, jagalah diri untuk tetap tenang. Setiap ada rencana yang berhasil, jagalah diri untuk sll bersyukur.

Keempat : Yakinlah Allah mempunyai kehendak dan rencana yang pasti jauh lebih baik daripada setiap rencana yang dibuat manusia. Mungkin dalam pandangan Allah kalau saat itu kita berhasil, kita akan menjadi orang yang takabur atau menjadi orang yang tidak bersyukur. Mungkin jg klo kita berhasil waktu itu keimanan n ketakwaan malah berkurang. Intinya sll berpikir positif yach.!!!

Keliima : Kita harus menyadari bahwa yang pernah mengalami kegagalan itu bukan hanya kita saja, melainkan semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Hanya setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam melihat kegagalan itu. Ada yang berpandangan bahwa keberhasilan dan kegagalan adalah suatu yang wajar dari sebuah perjuangan. Orang ini dia tidak terlalu sakit dengan kegagalannya sehingga dapat melupakannya dengan segera. Tetapi ada orang yang justru sebaliknya, dia memikirkan dengan panjang apa yang dia akan lakukan karena dia tidak mau gagal. Tetapi ternyata kejadiannya dia gagal. Maka kegagalan itu akan menghantam dia luar biasa, sehingga kekecewaan yang terjadi itu mempengaruhi kehidupannya begitu dalam. So, pilih mana???

Keenam: Kita harus tahu bahwa semua orang yang sekarang berada dalam kesuksesan, pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Yakin deh orang yang sukses tu prh mengalami yang namanya gagal juga nda langsung sukses gt. Tidak ada jaminan bahwa klo mw sukses itu ada pada kesempatan pertama, bisa saja ada pada kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya. So, Trus mencoba dan jangan putus asa.

Ketujuh : hanya orang yang pernah mengalami kegagalan yang akan dapat benar-benar menikmati kesuksesan. Kita baru merasa nikmat sehat ketika pernah merasakan sakit. Begitu pula kita akan dapat merasakan nikmat sukses ketika pernah mengalami dan merasakan kegagalan.

Yup..... tu lah sebagian trik n tips tuk mengahadapi kegagalan, Dengan mempunyai prinsip , kita bisa mempunyai ketenangan dalam berusaha dan tetap berpikir jernih ketika kegagalan datang. Walaupun demikian tentu saja kita harus tetap berusaha supaya usaha yang dijalani tidak gagal. Ttp optimis deh..Ok. ^_^

1 komentar:

wuuuuaaaah sobat....tulisan yang bagus niiiih yang bis abuat orang slalu semangat `n gak gampang putus asa.....thx....

Posting Komentar